Homepage Pribadi Abu Muhammad Mukhtar bin Hasan al-Atsari

Dakwah Salaf di Batam Saat Ini Sedang Terfitnah

Dakwah salaf di Batam saat ini sedang terfitnah

Dakwah Salaf di Batam Saat Ini Sedang Terfitnah

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته، أما بعد

 Terus terang dengan berat ana harus menceritakan ini semua kepada antum yang ada di sini. Ana cuma mau menceritakan bahwa pada saat kita akan mengatakan sesuatu yang haq adalah bukan hal yang mudah. Saat ini kami terutama yang sedang berdakwah melalui jalur radio terutama Hang FM khususnya dan dakwah Salafy pada umumnya sedang menghadapi ujian berat, dimana saat ini sedang berkembang suatu fitnah keji terhadap dakwah Salafy khususnya di Batam.

Sudah berbagai macam cara dilakukan dengan mengatakan bahwa ajaran Salafy ini Sesat dan Menyesatkan, mudah mengkafirkan orang, kemudian ajaran ini merupakan agama baru, dan agar setiap mesjid di Batam mewaspadai gerakan Salafy ini. Subhanallah ......!!!
Dan puncaknya kemaren Selasa tgl 21 (Juni 2005) Persatuan Imam Mesjid Batam dengan dimotori oleh Ustad AR. S.Ag serta mendatangkan beberapa orang ulama dan Ketua Pengadilan Agama Batam melakukan pertemuan dan pada forum saat itu kami dihujat habis-habisan dengan melontarkan beberapa kata-kata kasar dan cenderung provokatif. Ironisnya hal ini justeru disampaikan oleh Ketua Pengadilan Agama Batam yang menurut kami seharusnya dapat memberikan contoh yang baik terhadap tersiarnya suatu dakwah.
Gerakan fitnah ini dimotori oleh salah satu Ustad yang Notabene adalah Imam Mesjid Raya Batam yaitu ustad AR. S.Ag. (Ana sengaja hanya menyebutkan initialnya saja).

Kami semua heran apa yang sesungguhnya dikehendaki oleh Ustad ini dan sudah beberapa kali kami mencoba untuk bertemu dengan mereka tetapi selalu ditolak dengan berbagai macam alasan. Sehingga kami menganggap Ustad ini memang memiliki pretensi pribadi yang tidak baik terhadap dakwah Salafy yang terus berkembang dengan pesat di Batam.

Kalau ana boleh ceritakan memang ada beberapa hal yang melatarbelakangi kenapa ustad ini terkesan membenci dakwah Salafy. Pada kedatangan Ustad Hakim petama ke Batam (tanggal 22 April, dan pada saat itu beliau diminta untuk mengisi Khutbah Jum'at di Masjid Raya. Kemudian Ustad Hakim bersedia untuk mengisi khutbah Jum'at. Tapi setelah pelaksanaan sholat Jum'at selesai Ustad AR ini meminta agar para jema'ah untuk melakukan sholat Dzuhur lagi dgn alasan bahwa Khutbah Ustad Hakim tidak memenuhi kriteria Khutbah Jum'at yang sesuai dengan tertib yang biasa dilakukan dan tidak melakukan rukun yang telah ditetapkan.

Sesungguhnya pada waktu itu kita sudah minta ketemu dan minta penjelasan (Klarifikasi) kenapa membatalkan ibadah seseorang sebab menurut Ustad Hakim membatalkan ibadah seseorang adalah suatu perkara yang serius dan bukan perkara kecil. Tapi pada saat itu Ustad AR ini tidak mau ditemui, dan kita anggap persoalan ini sudah selesai.

Sorenya pada hari dan tanggal yang sama sebelum Shalat Ashar pada saat Daurah, Ustad Hakim juga telah mencoba mengklarifikasi persoalan tersebut dengan mengemukakan bagaimana sesungguhnya Khutbah Jum'at itu dan juga lengkap dengan dalil-dalilnya.

Setelah kejadian itu ramai berkembang di kalangan khalayak mengenai dakwah Salafy ini. Karena kami menganggap persoalan di atas sudah selesai maka kami pun terus melanjutkan daurah melalui radio. Yang waktu itu selain Ustad Hakim juga hadir Ustad Mubarok dari Surabaya.

Tetapi ternyata persoalannya tidak berhenti sampai di situ saja dan berbagai fitnah pun berkembang sehingga berdasarkan informasi yang didapat dari ikhwan-ikhwan sampailah berita tidak mengenakkan tersebut ke telinga Ustad Hakim.

Setelah mendengar hal negatif tersebut Ustad Hakim waktu itu dengan inisiatif pribadi ingin kembali ke Batam demi ingin melakukan klarifikasi agar para jamaah Batam tetap tenang dikarenakan fitnah itu semakin santer terdengar di berbagai kalangan.

Dan akhirnya beliau pun datang pada tanggal 28 Mei bersama Ikhwan-ikhwan kita dari BEJ (Bursa Efek Jakarta). Pada saat itu kembali menghubungi Ustad AR tersebut dengan harapan dia mau ketemu dgn Ustad Hakim di Mesjid Raya Batam. Dan antum bisa bayangkan bagaimana seriusnya Ustd Hakim menghadapi persoalan ini sampai-sampai beliau menunggu Ustad AR tsb dari mulai Ba'da Dzuhur sampai Isya', tapi tetap saja nggak nongol. Sampai akhirnya kita terpaksa melakukan klarifikasi melalui Hang FM dengan harapan agar yang bersangkutan mendengar siaran tersebut. Dan pada akhirnya kita berkesimpulan sekualitas apa sesungguhnya Ustad tersebut.

Hal lain yang memicu bertambahnya kebencian itu ketika kami memutarkan rekaman Ustad Rasul bin Dahry dari Singapore di Radio Hang FM. Dimana Ustd Rasul waktu itu menyinggung masalah “Berzanji” yaitu suatu ritual yang dilakukan olah hampir sebagian besar masyarakat Melayu ketika akan melaksanakan syukuran atas kelahiran seorang anak. Pada saat itu dari Pihak Hang FM dipanggil oleh pihak MUI dan diminta untuk mengklarifikasi mengenai hal tersebut. Dan waktu itu kebetulan Ustad Abu Yahya ada di Batam dan bersama dengan Ustad Abu Fairuz dan beberapa rekan maka kita memenuhi undangan MUI tersebut. Dan suasana yang terjadi sesungguhnya sangat enak dan cair sampai pada kesimpulan bahwa MUI mendukung dakwah kita.

Dan kita pun dari pihak Hang FM juga memberikan kesempatan apabila ada informasi yang ingin disampaikan kepada para umat di Batam maka dengan senang hati kita pun akan membantu mefasilitasinya dengan menggunakan media radio.

Dan salah satu bentuk dukungan tersebut adalah ketika Ustad Abu Ikhsan Al-Atsary dan Ustd Rasul Bin Dahri memberikan Daurah pada tanggal 18-19 Juni pihak MUI yang membuka acara tersebut.

Tapi apa yang terjadi Selasa kemaren, jauh dengan yang kita bayangkan, dimana pada saat itu mereka tampaknya dengan mudahnya menghakimi kita sesat, dan meminta kita menutup radio Hang FM. Berbagai macam hujatan diterima, dan berbagai fitnah dilontarkan di depan jemaah Mesjid se Batam dan dengan nada provokasi yang menurut ana jauh sekali dari akhlak seorang Muslim.

Sampai ada omongan kalau MUI tidak mau mengambil sikap maka mereka akan menuntut ketua MUI Batam mundur dan mereka akan bertindak dengan cara mereka sendiri ...Masya Allah...... apakah ini figur seorang Muslim itu......

Padahal kita sudah berkali-kali menyampaikan baik secara langsung ataupun melalui radio, apabila mereka memiliki suatu dalil yang lebih shahih dan tepat maka kita siap merujuk… Bahkan Ustad kita di sini pun dengan besar hati mengatakan itu…, Tapi malah mereka salah tanggap dan dianggap kita menantang… Inalillahi wa Innailaihi Raji’un.

Saat ini kita sedang cooling down, dan seiring dengan himbauan kepala daerah tentang minggu tenang PILKADA maka radio dihimbau untuk tidak mengudara, dan mulai malam kemaren kita tidak akan mengudara sampai pada tanggal 3 Juli nanti setelah pelaksanaan PILKADA selesai perhitungannya nanti.

Begitulah sedikit sharing dari ana, bagaimana hambatan melakukan dakwah di Batam, semoga hal ini tidak terjadi buat antum-antum di daerah lain.

Dan semoga kami selalu diberi kesabaran dan tetap Istiiqomah dalam menjalankan da’wah yang Haq ini.

Jazzakallahu Khairan Katsiro
Wassalamu’laikum
Silakan Share Artikel Ini :

30 comments:

  1. saya gak ngerti terlalu ngerti tentang islam, tetapi saya sangat mendukung dakwah salaf di batam karena pernah sy mendengarkan radio hang, saya merasa dakwahnya sangat baik dan sangat santun berdasarkan dalil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Barakallahufiikum

      Dakwah salaf itu merupakan dakwah sesuai dengan akal sehatr manusia. kecuali akalnya telah rusak

      Delete
  2. dakwah salaf versi antum memang sering mengundang fitnah.. nikmatilah fitnah yang kalia buat sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous.....bisa sebutkan contoh fitnah yang anda maksudkan...perlu saudaraku ketahui,,,bahwa asal mula ibadah adalah hukumnya dilarang sampai ada dalil yang memerintahkan, jadi alangkah baiknya kita melakukan ibadah sesuai Al-Qur'an dan Al-Hadist,,
      bapak Abu aisyah,,,bolehkah saya belajar banyak tentang ilmu Islam sesuai hadist dan Alqur'an,,mhn bantuanya pak untuk saya yang butuh ilmu sesuai tuntunan,,,,saya mencari bimbingan/guru yang bisa membimbing saya agar saya tidak tersesat dalam menjalankan agama islam, karena sampai sekarang saya bingung mencari guru yang sesuai tuntunan Islam, jujur dahulu saya org yang ikut ikutan dalam beragama tanpa tahu dalil dalil yang shahih untuk mengamalkan, saya bersyukur Allah memberikan saya petunjuk untuk itu saya berharap agar ada guru yang bisa membimbing saya agar faham betul tentang islam yang sebenarnya dan sabar menghadapi fitnah fitnah yang ditujukan kepada salafi dan wahabi.terima kasih,,assalamu'alaikum
      email saya ; ramliadelia@gmail.com
      No Hp : 0778 7079 805

      Delete
    2. Ramli Adelia:

      Anda bisa ikuti kajian artikel di

      wwww.firanda.com
      www.abul-jauzaa.blogspot.com

      banyak ma'had yang bertebaran di indonesia. silahkan datangi.....

      Delete
  3. Ibnu asal jakarta16 January 2013 at 23:53

    buat anonymouse (saturday, March 17, 2012), jadi menurut sampean iku dakwah yang enak buat kowe opo?

    Kumpul2 makan di tempat kematian?
    Kumpul2 maulid, berdiri, di semprot minyak wangi, dan pulangnya bawa bingkisan?

    Enak ya.. kirimi aku ya

    ReplyDelete
  4. Ana sendiri warga batam, yg dari kecil di batam sampai mempunyai keluarga kecil juga sekarg, sangat bersyukur dengan adanya Radio Hang106 fm ini, Alhamdulillah Dakwah Salafy ini sudah sangat diterima di Batam.. MasyaAllah, seandainya saja dari dlu mengenal Manhaj Salaf ini mngkin ana sudah bisa jadi Ustd, JAzakumullah buat para ikhwan Salafy..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ana senang dengan semangat antum. semoga istiqomah

      Barakallahufiikum

      Delete
  5. kalau saya, sudah kebal dimaki-maki, masuk islam, dimaki-maki kristen mantan agama saya, setelah lama masuk islam, dimaki-maki oleh orang islam sendiri, malah saya dijuluki Pendeta Wahaby

    ReplyDelete
    Replies
    1. Subhanallahu, Allahuma firlahu, Allahumma firlaha, semoga Allah selalu memberikan kebaikan buat antum.

      Delete
    2. Subhanallah, terus istiqomah, akhi !!

      Delete
  6. ya, cerita antum itu hal yg biasa dn sudah sepantasnya antum mendpatkan hal tersebut..

    antum biasa caci maki orag lain.. giliran dicaci maki malah mengeluh..

    semoga dilapangkan jalan pikiran antum..

    oh ya, sudah lama antum gak muncul di sunnahrasul.com, sudah taubat ya?

    ReplyDelete
  7. Majulah terus dakwah salaf yg barokah meski dimusuhi oleh orang2 yg benci (sbb blm ngerti), kami di Jakarta makin banyak yg cinta dakwah tauhid dan sunnah yg haq ini. Hak masyarakat utk tahu Islam yg sesungguhnya

    ReplyDelete
  8. Memurnikan agama emang banyak rintangan akh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya mendapatkan kabar dari seorang teman di Batam bahwasanya baru-baru ini kira-kira 2 bln yang lalu Ust Abdul Hakim mau mengisi pengajian di masjid yang sama ternyata suda di Blackllist jaddwalnya. allahu mustaan

      Delete
  9. Afwan Sekedar saran... Mungkin sementara, tema dan Ustad nya di ganti. Sambil melakukan dakwah ke personal2 yg bisa menopang dakwah selanjut nya.
    Misal tema perdagangan atau zakat.
    Wallohua'lam.... InsyaAlloh para Ustad lebih faham.

    ReplyDelete
  10. majulah dakwah dengan menumpahkan darah hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga antum mendapatkan HIDAYAH.......

      Dari komentar antum nampak bagi saya bahwa antum termasuk salah satu dari sekian banyak pembenci DAKWAH SALAF.

      Delete
  11. Orang-Orang itu Bilang kalau SALAFY aneh dan asing, Padahal kalau orang-orang yang bilang SALAFY aneh dan asing itu hidup di Zamannya Rosululloh S.A.W,,maka sebaliknya Justru merekalah yang aneh dan asing,, kita adalah generasi Ghuraba' generasi yang mengamalkan sunah serta sesuai dengan sunah,dan beruntunglah generasi Ghuraba' di zaman ini, karena zaman kita ini penuh dengan fitnah.,syukron.

    ReplyDelete
  12. kalau memang yg ant lakukan sesuai sunnah rasulullah, menurut pemahaman salafus shalih teruskan dakwah ant..klw seandainya untuk menuju puncak itu mudah tentu semua orang akan mudah sampai kesana..ant tentu pernah dengar bagaimana ikwan di bogor (warung jambu) awal mula mereka dakwah disana, alhamdulillah sampai sekarang mereka masih eksis. ustad yazid pernah berkata : amalan sebaik apapun yg kalian lakukan bukan jaminan kalian untuk masuk surga, dan seburuk apapun amalan yg dilakukan seseorang bukan jaminan dia masuk neraka. akhukum fillah

    ReplyDelete
  13. kalau memang yg ant lakukan sesuai sunnah rasulullah, menurut pemahaman salafus shalih teruskan dakwah ant..klw seandainya untuk menuju puncak itu mudah tentu semua orang akan mudah sampai kesana..ant tentu pernah dengar bagaimana ikwan di bogor (warung jambu) awal mula mereka dakwah disana, alhamdulillah sampai sekarang mereka masih eksis. ustad yazid pernah berkata : amalan sebaik apapun yg kalian lakukan bukan jaminan kalian untuk masuk surga, dan seburuk apapun amalan yg dilakukan seseorang bukan jaminan dia masuk neraka. akhukum fillah

    ReplyDelete
  14. Beginilah kalau ummat islam tidak terpimpin sesuai dengan Surat An-Nisa 59... coba pahami ayat itu dan digabung dengan Al Imran 103....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kepada "AnonymousThursday, January 23, 2014"

      Bisa dijelaskan sedikit tentang maksud dari pada dua ayat yang antum sebutkan?

      agar supaya kami bisa beristifadah dengan ilmu antum?

      untuk bapak admin, sekarang Masyarakat "AWWAM" di batam semakin terprovokasi setelah diskusi tempo hari bersama Ust Firanda, Ust Zaenal dan KH Idrus Ramliy, KH Tobariy Sadziliy...

      Masyarakat semakin diprovokasi lagi oleh al Bantani. lihat recaman al bantani di Youtube

      Delete
    2. Mantab akh...

      Kenapa beliau jadi "PANIK"

      Apa khawatir Amplop+Isinya berkurang? atau Kelaparan? atau Apa?

      Delete
    3. Kebenaran merupakan barang hilang milik kaum muslimin. Namun alangkah aneh, ketika ada media yang menyuarakan kebenaran, eeh malah di teror.

      Barakallahu fiikum.

      semoga Allah memberikan hidayah kepada kita semua agar tetap istiqomah

      Delete
  15. semoga ALLAH subhaanahu wata'ala melapangkan hati beliau ust AR. agar bisa menerima dakwah salaf ini... saya sangat senang kehadiran Hang fm menyejukkan ummat...

    ReplyDelete
  16. Dakwahnya benar cuma caranya yg diperbaiki, misalnya ada penjual ikan yg menggunakan pengawet. maka kita katakan didepannya ikanmu itu ada bahan pengawetnya dan antum tunjukan bukti-buktinya/dalil-dalilnya yg Shohi pasti penjual ikan itu marahlah atau tersinggung. kira-kira caranya yg baik kita sampaikan supaya dia tidak marah atau tersinggung bagaimana? begitu pun juga dgn agama kita sampaikan kepada orang awam itu dari telinganya atau didepannya barzanji bid'ah walaupun itu kita tunjukan dalil yg shohi pasti dia maralah atau tersinggung, caranya bagaimana supaya dia tidak marah atau tersinggung? pake cara yg halus seperti rasulullah datangi rumahnya bawahkan hadiah dll. setelah itu berikan pemahaman

    ReplyDelete
  17. Assalamualaikum.

    Merupakan sunnahtullah bahwa setiap pengeru kebenaran di manapun berada, pasti memiliki musuh.

    Dan inilah zaman Fitnah

    ReplyDelete
  18. Saya ingin hijrah dan belajar...di jakarta dimana saya Bisa ikut kajian salafi..?

    ReplyDelete

Perihal :: Mukhtar Hasan ::

لا عيب على من أظهر مذهب السلف وانتسب إليه واعتزى إليه، بل يجب قبول ذلك منه بالاتفاق؛ فإن مذهب السلف لا يكون إلا حقًا

Tidaklah aib (tercela) bagi orang yang menampakkan madzhab salaf, bernisbat kepadanya dan berbangga dengannya. Bahkan wajib menerima pernyataan tersebut darinya dengan kesepakatan, karena sesungguhnya tidaklah madzhab salaf itu melainkan kebenaran.

Atau silahkan gabung di Akun facebook saya

================================
Semoga komentar anda bermanfaat bagi kami dan bagi anda

 
Support me : On Facebook | On Twitter | On Google_Plus
Copyright © 2011. Website's : Mukhtar Hasan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger