قَالَ الشَافِعِيُّ رحمه الله : لَوْ مَاأَنْزَلَ اللَّهُ حُجَّةً عَلَى خَلْقِهِ إِلَّا هَذِهِ السُّوْرَةَ لَكَفَتْهُمْ
Berkata asy-Syaafi'iy rahimahullah : "Seandainya Allah Jalla wa 'Alaa tidak menurunkan hujjah bagi manusia selain surah ini, niscaya telah cukup bagi mereka".
Yang dimaksudkan oleh beliau rahimahullah adalah bahwa surah ini cukup bagi manusia untuk mendorong berpegang teguh kepada keimanan, amal shaalih, dakwah kepada Allah, dan kesabaran di atas itu semua
Yang beliau maksudkan bukanlah bahwa surah ini cukup bagi manusia untuk menjalankan seluruh syari'at Islam
[Syaikh Ibnu Utsaimin, Syarah Tsalaatsatul Ushuul, hal 26]
Ada empat point yang di terkandung dalam surah yang di isyaratkan oleh asy-Syaafi'iy rahimahullah diantaranya adalah
- Iman; Yang meliputi setiap keyakinan yang benar dan ilmu yang bermanfa'at yang mendekatkan kepada Allah 'Azza wa Jalla
- Amal Shaalih; Yaitu semua perkataan dan perbuatan yang mendekatkan kepada Allah. Syaratnya, pelaku melakukannya dengan ikhlaas untuk mencari ridha Allah dan mengikuti sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam
- Saling berwasiat untuk menegakkan kebenaran; Artinya saling menasihati dan menganjurkan untuk melaksanakan kebaikan
- Saling menasehati untuk menetapi kesabaran; Artinya saling menasehati untuk bersabar dalam melaksanakan perintah Allah 'Azza wa Jalla, meninggalkan hal-hal yang diharamkan oleh Allah, dan menanggung takdir-takdir Allah.
Saling menasehati dalam menegakkan kebenaran dan saling menasehati untuk menetapi kesabaran, juga meliputi tindakan amar ma'ruf dan nahi munkar
Dengan amar ma'ruf nahi munkar inilah sebuah ummat akan berdiri kokoh, baik, dan memperoleh pertolongan Allah 'Azza wa Jalla, serta mendapatkan kemuliaan dan keutamaan
Allah Jalla Jalaaluh berfirman
كُنْتُمْ
خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ
وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ ۗ وَلَوْ آمَنَ
أَهْلُ الْكِتَابِ لَكَانَ خَيْرًا لَهُمْ ۚ مِنْهُمُ الْمُؤْمِنُونَ
وَأَكْثَرُهُمُ الْفَاسِقُونَ
Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma'ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik : QS Ali Imroon : 110
[bnu Utsaimin, Syarah Tsalaatsatul Ushul, 24-25]
Abu 'Aaisyah
17-Robi'ul Aakhir 1436 H
27-Januari 2015
Post a Comment
Perihal :: Mukhtar Hasan ::
لا عيب على من أظهر مذهب السلف وانتسب إليه واعتزى إليه، بل يجب قبول ذلك منه بالاتفاق؛ فإن مذهب السلف لا يكون إلا حقًا
Tidaklah aib (tercela) bagi orang yang menampakkan madzhab salaf, bernisbat kepadanya dan berbangga dengannya. Bahkan wajib menerima pernyataan tersebut darinya dengan kesepakatan, karena sesungguhnya tidaklah madzhab salaf itu melainkan kebenaran.
Atau silahkan gabung di Akun facebook saya
================================
Semoga komentar anda bermanfaat bagi kami dan bagi anda