Homepage Pribadi Abu Muhammad Mukhtar bin Hasan al-Atsari

Ma'had Imam Bukhari; Solo

Profil

Pengantar

Segala puji bagi Allah Jalla wa 'Alaa yang telah memberikan segala nikmat kepada kita. Salam dan shalawat semoga tetap tercurah kepada Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam pembawa risalah agama Islam.

Yang dihadapan pembaca ini adalah profil Pondok Pesantren Imam Bukhari yang beralamat di Jl. Solo – Purwodadi Km. 8 Desa Selokaton Kec. Gondangrejo Kab. Karanganyar Jawa Tengah.

Pondok Pesantren Imam Bukhari menyelenggarakan pendidikan; Ibtda’iyyah (setingkat SD), Mutawasithah (Setingkat SLTP), dan Tsanawiyyah (setingkat SMU), juga I’dad Lughawi program 1 tahun (persiapan masuk Tsanawiyah dari SLTP/yang sederajat)

Upaya penyebaran Islam dan tekad dalam dakwah harus di tempuh dengan usaha yang sungguh-sungguh dan berkesinambungan oleh kaum muslimin itu sendiri, khususnya mereka yang berilmu. Sehingga arah perbaikan tersebut tetap pada landasan yang kuat dan shahih.

Oleh kerena itu diperlukan generasi robbani, yang berusaha membimbing masyarakat keluar dari keadaan yang menyedihkan seperti kesyirikan, bid’ah, khurafat, dan kejahilan menuju kondisi yang baik dan sehat dalam aqidah, ibadah, dan muamalah.

Kami ikut merasa mempunyai tanggung jawab besar terhadap persoalan ini, dan kami berusaha merealisasikannya dalam bentuk yang riil dengan menyelenggarakan lembaga pendidikan pondok pesantren sebagai tempat belajar generasi muslim, tempat mereka dididik dengan benar, dan ini sebagai upaya kami dalam ikut andil mengarahkan kaum muslimin memahami agamanya dengan baik dan benar.

Kami mengajak kepada yang mempunyai semangat untuk bekerjasama, mewujudkan tujuan, rencana dan kegiatan pendidikan. Kami berharap kepada Allah k semoga keberadaan ma’had ini memberi manfa’at kepada kaum muslimin di dunia pada umumnya dan kaum muslimin di Indonesia pada khususnya.

Kami mohon kepada Allah k agar senantiasa membimbing kami untuk selalu istiqomah berada pada jalan yang lurus, mengembalikan kejayaan Islam dan kaum muslimin sebagaimana pada masa sahabat.

Karanganyar, 07 Shafar  1433 H
01 Januari 2012 M
Pengurus Ma’had Imam Bukhari
Ahmas Faiz Asifuddin, MA
Mudir / Direktur



Muqadimah
Pondok Pesantren Imam Bukhari adalah lembaga pendidikan Islam swasta yang diselenggarakan oleh Yayasan Lajnah Istiqomah Surakarta pada tanggal 6 Juni 1994, dan secara resmi didirikan tanggal 1 Juli 1999.

Pondok Pesantren Imam Bukhari berdomisili di desa Selokaton, kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, diatas areal tanah seluas lebih kurang 2,5 ha, yang merupakan tanah wakaf dari kaum muslimin.

Sebelum resmi menjadi pondok pesantren, kegiatan yang dilaksanakan adalah menyelenggarakan pendidikan anak-anak usia 5-6 tahun (Ibtida’iyah/setingkat SD/MI) dengan program unggulan hafalan qur’an. Berlokasi di rumah-rumah pribadi yang tersebar di Solo, Kartosura dan Gondangrejo. Kemudian pada tanggal 1 Juli 1999 menerima santri lulusan SD/MI yang dikelola dalam program Mutawasithah (setingkat SLTP). Pada saat itulah secara resmi berdirinya Pondok Pesantren, dengan menggunakan nama “Imam Bukhari” sekaligus menempati tempat barunya berupa tanah wakaf dan bangunan dari kaum muslimin, di jalan Solo-Purwodadi Km. 8 Selokaton, Gondangrejo, Karanganyar.

Pada perkembangannya, setelah program Mutawasithah selesai, pendidikan santri di lanjutkan pada program Tsanawiyah (setingkat SMU) yang merupakan kesatuan pendidikan dari program Mutawasithah.

Salah satu karakteristik pembelajaran Pondok Pesantren Imam Bukhari adalah buku-buku pelajaran agama adalah buku-buku karya ulama’ Ahlussunnah yang sudah dikenal (khususnya tsanawiyah),  akan tetapi sistem pembelajarannya klasikal. Dengan istilah lain pesantren yang dikelaskan.

Pondok Pesantren Imam Bukhari yang bernomor statistik 512332013007 mendapatkan pengakuan sebagai penyelenggara program pendidikan pesantren salafiyah sebagai pola Wajib Belajar Pendidikan Dasar Sembilan Tahun melalui Piagam Departemen Agama RI Kabupaten Karanganyar Nomor Kd.11.13/5/BA.00/1072/2006.

Sejak tahun 2005, Pondok Pesantren Imam Bukhari bekerja sama dengan Kementrian Pendidikan Nasional dalam penyelenggaraan program pendidikan kesetaraan Kejar Paket A, B, dan C, yang mana ijasahnya di akui setara dengan ijasah sekolah formal.

Alhamdulillah sejak tahun pelajaran 2011-2012 Pondok Pesantren Imam Bukhari telah mendapat pengakuan (akreditasi) dari Universits Islamiyah Madinah An-Nabawiyah Kerajaan Saudi Arabia dengan no. Pengesahan 979/13 Tanggal 29 Sya’ban 1432 H bertepatan tanggal 31 Juli 2011 M. Ini berarti ijasah Pondok Pesantren Imam Bukhari diakui standar nilainya untuk langsung mendaftar di Universits Islamiyah Madinah (UIM) KSA.

Visi dan Misi

VISI & MISI

TUJUAN :
Membentuk Generasi Thalibul ‘Ilmi yang bermanhaj Salaf dalam Berakidah, Beribadah, Berakhlaq, Bermuamalah dan Berdakwah.

VISI :
Menjadi Lembaga Pendidikan dan Dakwah Islam Bermanhaj Salaf yang Unggul dan Amanah.

MISI:
Mengemban Risalah Dakwah, melalui jalur Lembaga Kaderisasi Ilmiah berbentuk Pondok Pesantren yang bermanhaj Salaf.

NILAI-NILAI:
  1. Mengajak Umat untuk kembali kepada Al-Qur’an dan Sunnah yang shahih dengan pemahaman Salafushshalih dan hidup Islami sesuai dengan Manhaj Ahlussunnah wal Jama’ah.
  2. Menghidupkan kebiasaan bersikap ilmiah berdasarkan Al-Qur’an dan Sunnah dengan pemahaman Salafushshalih dan menerapkan pola pendidikan Islam yang bertitik tekan pada Tashfiyah dan Tarbiyah.
  3. Tashfiyah, yaitu memurnikan ajaran Islam dari segala noda syirik, bid’ah, khurafat, gerakan-gerakan dan pemikiran-pemikiran yang merusak ajaran Islam.
  4. Tarbiyah, yaitu mendidik kaum muslimin menjadi terbiasa mengamalkan ajaran-ajaran Islam yang sudah dipahami secara benar.

Struktur Organisasi

Sumber:http://bukhari.or.id

Silakan Share Artikel Ini :

Post a Comment

Perihal :: Mukhtar Hasan ::

لا عيب على من أظهر مذهب السلف وانتسب إليه واعتزى إليه، بل يجب قبول ذلك منه بالاتفاق؛ فإن مذهب السلف لا يكون إلا حقًا

Tidaklah aib (tercela) bagi orang yang menampakkan madzhab salaf, bernisbat kepadanya dan berbangga dengannya. Bahkan wajib menerima pernyataan tersebut darinya dengan kesepakatan, karena sesungguhnya tidaklah madzhab salaf itu melainkan kebenaran.

Atau silahkan gabung di Akun facebook saya

================================
Semoga komentar anda bermanfaat bagi kami dan bagi anda

 
Support me : On Facebook | On Twitter | On Google_Plus
Copyright © 2011. Website's : Mukhtar Hasan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger