Anjuran Memakan Ruthab (Kurma Basah) Bagi Wanita Nifas
Al-Ust Al-Faadhil Tommi Marsetio
Allah Ta’ala dengan segala karuniaNya bagi manusia, telah menganjurkan memakan kurma bagi wanita yang akan melahirkan atau setelah proses persalinan. Dia berfirman kepada Maryam binti ‘Imraan ‘Alaihassalaam :
وَهُزِّي إِلَيْكِ بِجِذْعِ النَّخْلَةِ
تُسَاقِطْ عَلَيْكِ رُطَبًا جَنِيًّا فَكُلِي وَاشْرَبِي وَقَرِّي عَيْنًا ۖ
فَإِمَّا تَرَيِنَّ مِنَ الْبَشَرِ أَحَدًا فَقُولِي إِنِّي نَذَرْتُ
لِلرَّحْمَٰنِ صَوْمًا فَلَنْ أُكَلِّمَ الْيَوْمَ إِنْسِيًّا
“Dan goyangkanlah pangkal pohon kurma itu
kearahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak
kepadamu, maka makan, minum dan bersenang hatilah kamu.” [QS Maryam 25-26]
1. Hadits pertama :
حَدَّثَنَا شَيْبَانُ، حَدَّثَنَا مَسْرُورُ
بْنُ سَعِيدٍ التَّمِيمِيُّ، حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ
الْأَوْزَاعِيُّ، عَنْ عُرْوَةَ بْنِ رُوَيْمٍ، عَنْ عَلِيِّ بْنِ أَبِي
طَالِبٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : …
أَطْعِمُوا نِسَاءَكُمُ الْوُلَّدَ الرُّطَبَ، فَإِنْ لَمْ يَكُنْ رُطَبٌ
فَالتَّمْرُ، وَلَيْسَ مِنَ الشَّجَرِ أَكْرَمُ عَلَى اللَّهِ مِنْ
شَجَرَةٍ نَزَلَتْ تَحْتَهَا مَرْيَمُ بِنْتُ عِمْرَانَ
Telah menceritakan kepada kami Syaibaan,
telah menceritakan kepada kami Masruur bin Sa’iid At-Tamiimiy, telah
menceritakan kepada kami ‘Abdurrahman Al-Auzaa’iy, dari ‘Urwah bin
Ruwaim, dari ‘Aliy bin Abi Thaalib -radhiyallaahu ‘anhu-, ia berkata,
Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda, ” … Berilah makan
wanita-wanita kalian yang akan melahirkan dengan ruthab, jika tidak ada
ruthab maka dengan tamr (kurma kering) dan tidaklah ada pohon yang lebih
dimuliakan Allah dibanding pohon yang Maryam bintu ‘Imraan berlindung
dibawahnya.”
[Musnad Abu Ya’laa 1/353]
Status hadits : Mungkar, Munqathi’
Al-Imam Ibnu ‘Adiy berkata :
وهذا حديث عن الأوزاعي منكر، وعروة بْن رويم، عن علي، ليس بالمتصل، ومسرور بْن سَعِيد غير معروف لم أسمع بذكره إلا فِي هذا الحديث
“Ini adalah hadits mungkar dari
Al-Auzaa’iy, ‘Urwah bin Ruwaim dari ‘Aliy tidak muttashil, sedangkan
Masruur bin Sa’iid tidak dikenal. Aku tidak pernah mendengar penyebutan
namanya kecuali dalam hadits ini.” [Al-Kaamil fiy Adh-Dhu’afaa’ 8/183]
Al-Imam Ibnu Hibbaan berkata :
مسرور بن سعيد التميمي يروي عن الأوزاعي المناكير التي لا يجوز الاحتجاج بمن يرويها
“Masruur bin Sa’iid At-Tamiimiy,
meriwayakan dari Al-Auzaa’iy hadits-hadits mungkar yang tidak
diperbolehkan untuk dijadikan hujjah dengan periwayatannya.”
[Al-Majruuhiin 3/44]
Al-Haafizh Ibnu Katsiir mengklasifikasikan hadits ini sebagai hadits yang sangat mungkar dalam Tafsir-nya 5/219.
2. Hadits kedua :
أَخْبَرَنَا الْحُسَيْنُ بْنُ الْحَسَنِ بْنِ
مُحَمَّدِ بْنِ الْقَاسِمِ الْمَخْزُومِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا عُثْمَانُ
بْنُ أَحْمَدَ الدَّقَّاقُ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو عَبْدِ اللَّهِ
مُحَمَّدُ بْنُ خَلَفٍ الْمَرْوَزِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا دَاوُدُ بْنُ
سُلَيْمَانَ الْجُرْجَانِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ عَمْرٍو،
عَنْ سَعْدِ بْنِ طَارِقٍ، عَنْ سَلَمَةَ بْنِ قَيْسٍ، قَالَ: قَالَ
رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: ” أَطْعِمُوا نِسَاءَكُمْ فِي
نِفَاسِهِنَّ التَّمْرَ، فَإِنَّهُ مَنْ كَانَ طَعَامُهَا فِي نِفَاسِهَا
التَّمْرُ خَرَجَ وَلَدُهَا ذَلِكَ حَلِيمًا، فَإِنَّهُ كَانَ طَعَامَ
مَرْيَمَ حِينَ وَلَدَتْ عِيسَى، وَلَوْ عَلِمَ اللَّهُ طَعَامًا هُوَ
خَيْرٌ لَهَا مِنَ التَّمْرِ أَطْعَمَهَا إِيَّاهُ
Telah mengkhabarkan kepada kami Al-Husain
bin Al-Hasan bin Muhammad bin Al-Qaasim Al-Makhzuumiy, ia berkata,
telah menceritakan kepada kami ‘Utsmaan bin Ahmad Ad-Daqqaaq, ia
berkata, telah menceritakan kepada kami Abu ‘Abdillaah Muhammad bin
Khalaf Al-Marwaziy, ia berkata, telah menceritakan kepada kami Daawud
bin Sulaimaan Al-Jurjaaniy, ia berkata, telah menceritakan kepada kami
Sulaimaan bin ‘Amr, dari Sa’d bin Thaariq, dari Salamah bin Qais
-radhiyallaahu ‘anhu-, ia berkata, Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi
wasallam bersabda, “Berilah makan wanita-wanita nifas kalian dengan
tamr, karena barangsiapa yang memakan tamr pada saat nifasnya maka
anaknya akan lahir dengan sifat lembut, karena sesungguhnya tamr adalah
makanan Maryam ketika melahirkan ‘Iisaa. Jika saja Allah mengetahui
makanan yang lebih baik daripada tamr untuknya, maka Allah pasti akan
memberinya.”
[Taariikh Baghdaad 9/331]
Status hadits : Maudhuu’ (Palsu)
Al-Imam Abul Faraj Ibnul Jauziy berkata :
هَذَا حَدِيث لا يصح عَنْ رَسُولِ اللَّهِ
صلى الله عليه وسلم، [قال] أَحْمَد بْن حنبل: كَانَ سُلَيْمَان يضع
الْحَدِيث. وَقَالَ يَزِيد بْن هَارُون: لا يحل لأحد أَن يروى عَنْهُ.
وَقَالَ النسائي، والدارقطني: متروك. وَقَالَ يَحْيَى بْن معين: سُلَيْمَان
وَدَاوُد بْن سُلَيْمَان كذابان
“Hadits ini tidak shahih dari Rasulullah
Shallallaahu ‘alaihi wasallam, Ahmad bin Hanbal berkata, “Sulaimaan (bin
‘Amr) seorang pemalsu hadits.” Yaziid bin Haaruun berkata, “Tidak halal
walau satu kalipun meriwayatkan darinya.” An-Nasaa’iy dan
Ad-Daaraquthniy berkata, “Matruuk.” Yahyaa bin Ma’iin berkata,
“Sulaimaan (bin ‘Amr) dan Daawud bin Sulaimaan, keduanya pendusta.”
[Al-Maudhuu’aat 3/26]
Al-Haafizh Jalaaluddiin As-Suyuuthiy mengisyaratkan akan penguat bagi Daawud bin Sulaimaan, ia berkata :
دَاوُد توبع، أَخْرَجَهُ أَبُو عَبْد اللَّه
بْن منده فِي كتاب أخبار أصبهان، أَنْبَأَنَا أَبُو أَحْمَد، حَدَّثَنَا
أَبُو صالح عَبْد الرَّحْمَن بْن أَحْمَد الأعرج، حَدَّثَنَا حامد بْن
المِسْوَر، حَدَّثَنَا الْحَسَن بْن قُتَيْبَة، حَدَّثَنَا سُلَيْمَان بْن
عَمْرو النَّخَعِيّ بِهِ، وأخرجه نُعَيم فِي الطب منْ طريق حامد بْن
المِسْوَر، واللَّه أَعْلَم
Daawud memiliki mutaba’ah, dikeluarkan
Abu ‘Abdillaah Ibnu Mandah dalam kitab “Akhbaar Ashbahaan”, telah
memberitakan kepada kami Abu Ahmad, telah menceritakan kepada kami Abu
Shaalih ‘Abdurrahman bin Ahmad Al-A’raj, telah menceritakan kepada kami
Haamid bin Al-Miswar, telah menceritakan kepada kami Al-Hasan bin
Qutaibah, telah menceritakan kepada kami Sulaimaan bin ‘Amr An-Nakha’iy
dengan sanadnya. Dan dikeluarkan Abu Nu’aim dalam “Ath-Thibb” dari jalan
Haamid bin Al-Miswar. Wallaahu a’lam.” [Al-La’aali’ Al-Mashnuu’ah
2/244]
Maka status hadits tetap pada derajatnya karena berpusat pada Sulaimaan bin ‘Amr An-Nakha’iy.
3. Hadits ketiga :
حَدَّثَنا عبد الله بن محمد بن جعفر من أصله،
حَدَّثَنا محمد بن العباس بن أيوب، حَدَّثَنا العباس بن الحسن البلخي،
حَدَّثَنا الجوسي، أَخْبَرنا علي بن عروة، عَن الزُّهْرِيّ، عَن سعيد بن
المُسَيَّب، عَن أَبِي هُرَيرة، قال: قال رسول الله صَلَّى الله عَليْهِ
وَسلَّم: ما للنفساء عندي شفاء مثل الرطب ولا للمريض مثل العسل
Telah menceritakan kepada kami ‘Abdullaah
bin Muhammad bin Ja’far -dari kitab asalnya-, telah menceritakan kepada
kami Muhammad bin Al-‘Abbaas bin Ayyuub, telah menceritakan kepada kami
Al-‘Abbaas bin Al-Hasan Al-Balkhiy, telah menceritakan kepada kami
Al-Jausiy, telah mengkhabarkan kepada kami ‘Aliy bin ‘Urwah, dari
Az-Zuhriy, dari Sa’iid bin Al-Musayyib, dari Abu Hurairah -radhiyallaahu
‘anhu-, ia berkata, Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda,
“Menurutku, tidak ada penyembuh bagi wanita nifas yang semisal ruthab,
dan tidak juga bagi orang sakit yang semisal madu.”
[Ath-Thibb An-Nabawiy li Abu Nu’aim Al-Ashbahaaniy 2/480]
Status hadits : Maudhuu’ (Palsu). ‘Aliy bin ‘Urwah adalah pemalsu hadits.
Al-Haafizh Syamsuddiin Adz-Dzahabiy berkata :
على بن عروة الدمشقي. عن محمد بن المنكدر،
وميمون بن مهران. وعنه العلاء بن برد، وجماعة. روى عثمان، عن ابن معين: ليس
بشئ. وقال أبو حاتم: متروك الحديث. وقال ابن حبان: كان يضع الحديث، وكذبه
صالح جزرة وغيره
“‘Aliy bin ‘Urwah Ad-Dimasyqiy,
(meriwayatkan) dari Muhammad bin Al-Munkadir dan Maimuun bin Mihraan.
Meriwayatkan darinya Al-‘Alaa’ bin Burd dan jama’ah. ‘Utsmaan
(Ad-Daarimiy) meriwayatkan dari Ibnu Ma’iin, “‘Aliy bin ‘Urwah tidak ada
nilainya.” Abu Haatim berkata, “Matruukul hadiits.” Ibnu Hibbaan
berkata, “Dia pemalsu hadits.” Shaalih Jazarah dan lainnya mendustakan
‘Aliy bin ‘Urwah.” [Miizaanul I’tidaal 5/174]
Kata Syaikh Al-Albaaniy dalam Adh-Dha’iifah no. 264, ini adalah hadits palsu.
4. Hadits keempat :
حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرٍ مُحَمَّدُ بْنُ
جَعْفَرٍ الْمَطِيرِيُّ، حَدَّثَنَا الْقَاسِمُ بْنُ إِسْمَاعِيلَ
الْكُوفِيُّ، حَدَّثَنَا زَيْدُ بْنُ الْحُبَابِ الْعُكْلِيُّ، عَنْ
شُعْبَةَ، عَنْ يَعْلَى بْنِ عَطَاءٍ الطَّائِفِيِّ، عَنْ شَهْرِ بْنِ
حَوْشَبٍ، عَنْ أَبِي أُمَامَةَ الْبَاهِلِيُّ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ،
قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: ” أَطْعِمُوا
نُفَسَاءَكُمُ الرُّطَبَ “، قَالُوا: يَا رَسُولَ اللَّهِ، لَيْسَ فِي
كُلِّ حِينٍ يَكُونُ الرُّطَبُ، قَالَ: ” فَتَمْرٌ “، قَالُوا: يَا رَسُولَ
اللَّهِ، كُلُّ التَّمْرِ طَيِّبٌ، فَأَيُّ التَّمْرِ خَيْرٌ ؟ قَالَ: ”
إِنَّ خَيْرَ تَمَرَاتِكُمْ الْبَرْنِيُّ، يُدْخِلُ الشِّفَاءَ، وَيُخْرِجُ
الدَّاءَ، لا دَاءَ فِيهِ، أَشْبَعُهُ لِلْجَائِعِ، وَأَدْفَأُهُ
لِلْمَقْرُورِ
Telah menceritakan kepada kami Abu Bakr
Muhammad bin Ja’far Al-Mathiiriy, telah menceritakan kepada kami
Al-Qaasim bin Ismaa’iil Al-Kuufiy, telah menceritakan kepada kami Zaid
bin Al-Hubaab Al-‘Ukliy, dari Syu’bah, dari Ya’laa bin ‘Athaa’
Ath-Thaa’ifiy, dari Syahr bin Hausyab, dari Abu Umaamah Al-Baahiliy
-radhiyallaahu ‘anhu-, ia berkata, Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi
wasallam bersabda, “Berilah makan wanita-wanita nifas kalian dengan
ruthab.” Para sahabat berkata, “Wahai Rasulullah, ruthab tidak tersedia
setiap saat,” Rasulullah bersabda, “Maka berilah tamr!” Para sahabat
berkata, “Wahai Rasululah, semua tamr bagus, maka tamr jenis manakah
yang paling bagus?” Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya tamr kalian yang
paling bagus adalah Al-Barniy, ia membawa kesembuhan dan mengeluarkan
penyakit (hingga) tidak ada penyakit padanya, mengenyangkan orang yang
lapar dan menghangatkan orang yang kedinginan.”
[Al-Amaaliy li Ibni Sam’uun Al-Waa’izh no. 243]
Status hadits : Dha’if (Lemah)
Syahr bin Hausyab, berkata Al-Haafizh Al-‘Asqalaaniy mengenainya :
شهر بن حوشب الأشعري الشامي مولى أسماء بنت يزيد بن السكن، صدوق كثير الإرسال والأوهام
“Syahr bin Hausyab Al-Asy’ariy
Asy-Syaamiy, maulaa Asmaa’ binti Yaziid bin As-Sakan, shaduuq, banyak
melakukan irsaal dan banyak wahm.” [Taqriibut Tahdziib no. 2830]
Sedangkan Al-Qaasim bin Ismaa’iil, berkata Al-Imam Ibnu Hibbaan :
القاسم بن إسماعيل الهاشمي، كوفي، يروى عن عبيد الله بن موسى، وعنه محمد بن المنذر بن سعيد
“Al-Qaasim bin Ismaa’iil Al-Haasyimiy,
Kuufiy, meriwayatkan dari ‘Ubaidullaah bin Muusaa, dan meriwayatkan
darinya Muhammad bin Al-Mundzir bin Sa’iid.” [Ats-Tsiqaat 9/19]
Maka Al-Qaasim bin Ismaa’iil majhuulul haal.
Dari pemaparan diatas, terlihat bahwa
hadits-hadits anjuran memakan ruthab bagi wanita nifas tidak bisa
disandarkan kepada Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam dikarenakan
sanad-sanad yang lemah atau bahkan ada perawi pendusta didalamnya.
Namun, terdapat atsar dari para tabi’in, seperti pada riwayat-riwayat
berikut :
حَدَّثَنَا وَكِيعٌ عَنْ سُفْيَانَ، عَنْ مَنْصُورٍ، عَنْ إِبْرَاهِيمَ، قَالَ: كَانُوا يَسْتَحِبُّونَ لِلنُّفَسَاءِ الرُّطَبَ
Telah menceritakan kepada kami Wakii’,
dari Sufyaan, dari Manshuur, dari Ibraahiim (An-Nakha’iy), ia berkata,
“Dahulu mereka menyukai ruthab untuk (dimakan) wanita-wanita nifas.”
[Al-Mushannaf li Ibni Abi Syaibah no. 24040]
Atsar diatas shahih hingga Ibraahiim
An-Nakha’iy, Sufyaan adalah Ats-Tsauriy. Begitu pula yang diriwayatkan
Al-Imam Abu Nu’aim Al-Fadhl bin Dukain :
حَدَّثَنَا سُفْيَانُ، عَنْ مَنْصُورٍ، عَنْ إِبْرَاهِيمَ، قَالَ: ” كَانُوا يَسْتَحِبُّونَ لِلنُّفَسَاءِ الرُّطَبَ
Telah menceritakan kepada kami Sufyaan,
dari Manshuur, dari Ibraahiim, ia berkata, “Dahulu mereka menyukai
ruthab untuk (dimakan) wanita-wanita nifas.”
[Kitaabush-Shalaah li Abu Nu’aim no. 133]
حَدَّثَنَا سُفْيَانُ، أَظُنُّهُ عَنْ بَكْرِ
بْنِ مَاعِزٍ، عَنِ الرَّبِيعِ بْنِ خُثَيْمٍ، قَالَ: ” مَا لِلنُّفَسَاءِ
عِنْدِي دَوَاءٌ مِثْلُ الرُّطَبِ
Telah menceritakan kepada kami Sufyaan,
-aku (Abu Nu’aim) menduganya- dari Bakr bin Maa’iz, dari Ar-Rabii’ bin
Khutsaim, ia berkata, “Menurutku tidak ada obat bagi wanita-wanita nifas
yang semisal ruthab.”
[Kitaabush-Shalaah li Abu Nu’aim no. 132] – Sanadnya ada kelemahan karena syak Abu Nu’aim pada syaikhnya Sufyaan.
Kesimpulan
Anjuran memakan ruthab atau kurma basah
bagi wanita yang sedang nifas adalah sebatas anjuran (dan bukanlah
sunnah) yang tentunya sangat berguna bagi kesehatan dan kebaikan
wanita-wanita nifas tersebut karena selain ia adalah makanan halal penuh
barokah, khasiat ruthab sendiri telah dibuktikan secara ilmiah oleh
dunia kedokteran. Tim IslamQA yang berada dibawah asuhan Syaikh Muhammad
Shaalih Al-Munajjid berkata :
وقد أفادت البحوث الطبية أن الرطب يحتوي على
مادة قابضة للرحم ، تقوي عضلات الرحم ، فتساعد على الولادة ، كما أنها تقلل
كمية النزف الحاصل بعد الولادة
“Dan telah dibuktikan oleh penelitian
dalam dunia kedokteran bahwa ruthab mengandung substansi yang berguna
untuk menstabilkan rahim, memperkuat dinding-dinding rahim yang sangat
membantu ketika proses persalinan, sebagaimana ia dapat mengurangi
banyaknya pendarahan yang timbul setelah proses persalinan.”
dr. Muhammad Kamal ‘Abdul ‘Aziiz berkata :
Penelitian yang terbaru menyatakan bahwa
ruthab mempunyai khasiat mengontrol laju dinding rahim dan menambah masa
kontraksi jantung ketika darah dipompa ke pembuluh nadi. Bahkan Allah
Subhaanahu wa Ta’ala memerintahkan Maryam binti ‘Imraan untuk memakan
buah kurma ketika akan melahirkan, dikarenakan buah kurma mengenyangkan
juga membuat gerakan kontraksi rahim bertambah teratur, sehingga Maryam
dengan mudah melahirkan ‘Iisaa. [Sebagaimana dikutip Syaikh Saliim bin
‘Iid Al-Hilaaliy dalam kitab beliau, “Shahiih Ath-Thibb An-Nabawiy fiy
Dhau’il Ma’aarif Ath-Thabiyyah wal ‘Ilmiyyah Al-Hadiitsah hal. 299]
Maka sudah sepantasnya kita bersyukur
atas karunia Allah ini dan ternyata terbukti khasiat ilmiah Thibbun
Nabawiy dalam dunia kedokteran dan medis, yang mana Al-Qur’an telah
membahasnya lebih kurang 1400 tahun lalu, kemudian hadits-hadits Nabi
Shallallaahu ‘alaihi wasallam, dan tidak ketinggalan para ulama Islam
dari zaman salaf hingga khalaf, mereka meng-ekstrak khasiat Thibbun
Nabawiy dari ayat-ayat Al-Qur’an hingga hadits-hadits Nabi agar umat
Islam tidak kehilangan jati diri yaitu dengan beralih kepada Thibbun
Nabawiy yang penuh berkah.
Alhamdulillaahil-ladziy bi ni’matihi tatimmush-shaalihaat.
Wallaahu a’lam.
Ciputat, 25 Syawwal 1435 H
Tulisan ini adalah pengembangan dari artikel tanya jawab di web IslamQA :
http://islamqa.info/ar/214222
http://islamqa.info/ar/214222
Sumber : http://muhandisun.wordpress.com
Post a Comment
Perihal :: Mukhtar Hasan ::
لا عيب على من أظهر مذهب السلف وانتسب إليه واعتزى إليه، بل يجب قبول ذلك منه بالاتفاق؛ فإن مذهب السلف لا يكون إلا حقًا
Tidaklah aib (tercela) bagi orang yang menampakkan madzhab salaf, bernisbat kepadanya dan berbangga dengannya. Bahkan wajib menerima pernyataan tersebut darinya dengan kesepakatan, karena sesungguhnya tidaklah madzhab salaf itu melainkan kebenaran.
Atau silahkan gabung di Akun facebook saya
================================
Semoga komentar anda bermanfaat bagi kami dan bagi anda