Homepage Pribadi Abu Muhammad Mukhtar bin Hasan al-Atsari

::Bapak aku Ingin Bercadar::

::Bapak Aku Ingin Bercadar::

Bismillaah..
Bapak..
Dengan bercadar aku akan sadar
Betapa menutup aurat dengan syar’i itu penting untuk menjaga iffah dan izzahku



Bapak..
Bercadar itu adalah perintah Allah


يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيبِهِنَّ ذَلِكَ أَدْنَى أَنْ يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا
 “Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mu`min, Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS: Al-Ahzab: 59)
Perkataan ‘Aisyah: “Seandainya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melihat wanita-wanita (di zaman ini) apa yang kita lihat, niscaya beliau melarang para wanita ke masjid, sebagaimana Bani Israil dahulu melarang para wanita mereka.” Diriwayatkan juga seperti ini dari Abdullah bin Mas’ud radhiallahu ‘anhu.

Dari riwayat ini diketahui bahwa setiap perkara yang mengakibatkan sesuatu yang berbahaya maka hal itu dilarang. Karena membuka wajah bagi wanita akan mengakibatkan bahaya, maka terlarang. (Lihat Risalah Al Hijab, hal 17, karya Syaikh Muhammad bin Shalih Al-’Utsaimin, penerbit Darul Qasim).

Dan aku bercadar bukan untuk kepentinganku sendiri, tapi karena betapa aku sayang padamu, karena aku pernah membaca bahwa:

“Satu langkah anak perempuan keluar tanpa hijabnya dosanya akan turun kebapaknya”
Walau entah itu benar atau tidak..
Betapa takutnya bila dosa yang kulakukan menjadi tanggunganmu"


Bapak..
Dengan bercadar ku akan belajar sabar
Karena Allah berfirman:

 يَا أَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوا اسْتَعِيْنُوْا بِالصَّبْرِ وَ الصَّلاَةِ إِنَّ اللهَ مَعَ الصَّابِرِيْن
“Wahai orang-orang yang beriman! Mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan sholat. Sungguh Allah beserta orang-orang yang sabar”(QS: Al-Baqarah:153)


قُلْ يَا عِبَادِ الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا رَبَّكُمْ ۚ لِلَّذِينَ أَحْسَنُوا فِي هَٰذِهِ الدُّنْيَا حَسَنَةٌ ۗ وَأَرْضُ اللَّهِ وَاسِعَةٌ ۗ إِنَّمَا يُوَفَّى الصَّابِرُونَ أَجْرَهُمْ بِغَيْرِ حِسَابٍ
قُلْ يَا عِبَادِ الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا رَبَّكُمْ ۚ لِلَّذِينَ أَحْسَنُوا فِي هَٰذِهِ الدُّنْيَا حَسَنَةٌ ۗ وَأَرْضُ اللَّهِ وَاسِعَةٌ ۗ إِنَّمَا يُوَفَّى الصَّابِرُونَ أَجْرَهُمْ بِغَيْرِ حِسَابٍ - See more at: http://www.alim.org/library/quran/ayah/compare/39/10/believers-who-cannot-practice-their-faith-(islam)-should-migrate-to-other-places-where-they-can-and-the-real-losers-are-those-who-shall-lose-their-souls-and-their-families-on-the-day-of-judgement#sthash.Qtc1u5EB.dpuf
“Katakanlah (Muhammad), “Wahai hamba-hamba-Ku yang beriman! Bertqwalah kepad tuhanmu. “Bagi orang-orang yang berbuat baik di dunia ini akan memperoleh kebaikan. Dan bumi Allah itu luas. Hanya orang-orang bersabarlah yang disempurnakan pahalanya tanpa (QS: Az-Zumar:10batas”


Bapak..
Dengan bercadar ku akan dapat pengetahuan yang banyak, luas bahkan lebar
Karena aku akan malu bila hijabku tidak sesuai dengan ilmuku
Karena mengatakan & melakukan sesuatu yang sesuai dengan syari’at itu membutuhkan ilmu
Dalam Surah Ibrahim:21 Ibnu ‘Abbas menerangkan, “Sesungguhnya Allah melarang perkataan tanpa ilmu”


Dengan bercadar aku akan belajar
Untuk mengatakan apa yang tidak aku kerjakan

Allah berfirman:


سَبَّحَ لِلَّهِ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الأرْضِ وَهُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ (١)يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لِمَ تَقُولُونَ مَا لا تَفْعَلُونَ (٢) - See more at: http://www.tafsir.web.id/2013/04/tafsir-ash-shaff-ayat-1-14.html#sthash.qIitaGBV.dpuf
سَبَّحَ لِلَّهِ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الأرْضِ وَهُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ (١)يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لِمَ تَقُولُونَ مَا لا تَفْعَلُونَ (٢)

“Wahai orang-orang yang beriman! Mengapa kamu mengatakan apa yang tidak kamu kerjakan? Itu sangatlah dibenci di sisi Allah jika kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan”(QS: Ash Shaff 1-2)


Bapak..
Dengan bercadar ku akan belajar tegar
Bahwa aku akan menjalani hidup di dunia ini dengan tidak mudah.
Betapa aku tahu bahwa akan ada orang-orang bahkan teman-teman terdekatku yang memusuhiku karena keputusanku. Bahkan aku akan menjadi orang-orang yang terasing di sekitarku.
Tapi walau begitu aku tetap merasa bahagia karena Rasulullaah bersabda:

“Sesungguhnya Islam pertama kali muncul dalam keadaan asing dan nanti akan kembali asing sebagaimana semula. Maka berbahagialah orang-orang asing (Ghuroba).(HR.Muslim)
“Berbahagilah orang-orang yang asing (Alghuroba). (Mereka adalah) orang-orang shalih yang berada di tengah orang-orang yang berperangai buruk. Dan orang yang memusuhinya lebih banyak daripada yang mengikuti mereka.”(HR.Ahmad)

Betapa bahagianya apabila aku termasuk sebagai generasi Ghuroba.

Bapak..
Dengan bercadar Insya Allah aku akan mendapatkan pendamping yang benar
Benar Tauhidnya..
Benar Ilmunya..
Benar Akhlak & Sikapnya..
Karena dengan bercadar adalah sebuah syari’at yang sangat benar dan aku berharap mendapat pendamping yang benar pula.


اَلْخـَبِيـْثــاَتُ لِلْخَبِيْثـِيْنَ وَ اْلخَبِيْثُــوْنَ لِلْخَبِيْثاَتِ وَ الطَّيِّبَاتُ لِلطَّيِّبِيْنَ وَ الطَّيِّبُوْنَ لِلطَّيِّبَاتِ 

“ Wanita-wanita yang tidak baik untuk laki-laki yang tidak baik, dan laki-laki yang tidak baik adalah untuk wanita yang tidak baik pula. Wanita yang .baik untuk lelaki yang baik dan lelaki yang baik untuk wanita yang baik. (Qs. An Nur:26)

Menukil Disini
* Teks Arabic dari saya
Silakan Share Artikel Ini :

1 comment:

  1. Semoga para akhowaat dan ummahaat bisa memahami dengan baik.

    ReplyDelete

Perihal :: Mukhtar Hasan ::

لا عيب على من أظهر مذهب السلف وانتسب إليه واعتزى إليه، بل يجب قبول ذلك منه بالاتفاق؛ فإن مذهب السلف لا يكون إلا حقًا

Tidaklah aib (tercela) bagi orang yang menampakkan madzhab salaf, bernisbat kepadanya dan berbangga dengannya. Bahkan wajib menerima pernyataan tersebut darinya dengan kesepakatan, karena sesungguhnya tidaklah madzhab salaf itu melainkan kebenaran.

Atau silahkan gabung di Akun facebook saya

================================
Semoga komentar anda bermanfaat bagi kami dan bagi anda

 
Support me : On Facebook | On Twitter | On Google_Plus
Copyright © 2011. Website's : Mukhtar Hasan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger